Jumat, 22 April 2016

PENGERTIAN PENGGANGGARAN DAN KEGUNAAN PENGANGGARAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan yang berbeda-beda, dan dengan cara yang berbeda-beda pula. sebelum mencapai tujuan tersebut perusahaan mempunyai perencanaan dan pengendalian dalam menentukan masa depan dan kebijakan perusahaan kedepannya. Di dalam perencanaan dan pengendalian  perusahaan tersebut terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan perusahaan salah satunya yaitu dalam penganggaran perusahaan.
Tanpa memahami konsep dan teknik penyusunan anggaran yang benar, Perusahaan akan kehilangan arah yang jelas dan menjadi perusahaan yang tidak stabil dalam pengelolaan keuangan. Penyusunan anggaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Anggaran yang telah disusun berlaku selama satu tahun kedepan dalam memenuhi kebutuhan kegiatan perusahaan misalkan perusahaan ingin membangun gedung baru, maka terlebih dahulu dibuat rencana biaya yang telah disusun sebelum proyek dilaksanakan. Anggaran disusun oleh manajemen dalam jangka waktu satu tahun yang akan membawa perusahaan ke kondisi yang diinginkan dengan sumber daya yang diperkirakan.
Di dalam makalah ini terdapat beberapa point yang akan dijelaskan yang sudah mencakup secara umum seperti pengertian dari anggaran perusahaan, ciri-ciri anggaran, fungsi anggaran, jenis anggaran, tipe anggaran, manfaat dan tujuan anggaran,hubungan anggaran terhadap perusahaan, unsur anggaran guna untuk mempermudah pembaca memahami berbagai macam konsep yang telah ada.



1.2       Tujuan Penulisan
A.           Bagi pembaca
· Memberikan pemahaman yang lebih luas terhadap pembaca dalam segi ilmu pengetahuan.
·  Memberikan ilmu yang lebih spesifik terhadap pembaca yang berkaitan tentang anggaran perusahaan agar mampu mengenal lebih jauh tentang pemahaman anggaran perusahaan.
·   Agar makalah ini dijadikan referensi bagi pembaca atau pihak lain yang sedang membutuhkan guna melengkapi dan menambahah wawasan pembaca dan pihak yang membutuhkan.
B.            Bagi penulis
·  Sebagai wahan melatih mengungkapkan pemikiran dan hasil penulisannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang ditulis secara sistematis.
·     Menumbuhkan penalaran berfikir mahasiswa sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan namun juga jadi produsen dalam bentuk pengembangan tulisan dan pemikiran.

Rumusan Masalah
1.      Pengertian anggaran dan kegunaan anggaran
2.      Pengertian penganggaran dan kegunaan penganggaran




BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian Anggaran
Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu dimasa yang akan datang.oleh karena rencana yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit moneter ,maka anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan.dalam anggaran ,satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang,sehingga dapat diukur pencapaian efesiensi dan efektivitas dari kegiatan yang di lakukan.
2.2       kegunaan anggaran
·         Sebagai alat pedoman kerja
Anggaran bermanfaat sebagai pedoman dan memberikan arah serta sekaligus memberikan saran-saran yang harus di capai oleh kegiatan-kegiatan perusahaan dimasa yang akan datang.
·         Sebagai alat pengkoordinasian kerja
Anggaran bermanfaat sebagai alat untuk pengkoordinasian kerja agar seluruh bagian yang terdapat dalam perusahaan dapat saling menunjang ,saling bekerja sama dengan baik untuk menuju kesasaran yang telah ditetapkan.dengan demikian kelancaran jalannya perusahaan dapat terjamin.


·         Sebagai alat pengawasan kerja
Anggaran juga berfungsi pula sebagai tolak ukur,sebagai alat pembanding untuk menilai (evaluasi) realisasi kegiatan perusahaan.dengan membandingkan apa yang tetuang didalam anggaran dengan apa yang dicapai dalam realisasi kerja perusahaan,dapatkah dinilai apakah perusahaan telah berhasil atau tidak dalam bekerja .dari perbandingan tersebutdapat pula diketahui kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan.hal ini dapat di pergunakan sebagai bahan pertimbangan yang sangat berguna untuk menyusun rencana-rencana (anggaran)


2.3 Pengertian penganggaran
Penganggaran merupakan komitmen manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan,biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang.

2.4 Kegunaan penganggaran
Penganggaran bagi perusahaan adalah anggaran menunjukan kepada manajemen
·         Angka laba yang di kehendaki oleh perusahaan
·         Sumberdaya yang diharapkan dapat dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang akan datang
·         Anggaran juga menginformasikankepada manajemen konsekuensi serangkaian alternative tindakan,memberikan landasan untuk memutuskan alternative yang terbaik

BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
Dari semua pembahasan yang di jelaskan di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa anggaran perusahaan sangat penting bagi perusahaan dalam merencanakan kegiatan perusahaan yang didorong dari segi keuangan. Maka dari itu dalam penyusunan anggaran perusahaan harus benar- benar di estimasikan secara benar dan baik sehingga dalam melakukan kegiatan perusahaan kedepan ada upaya yang di bantu dari segi pendanaan, sehingga dalam melakukan kegiatan tidak ada kendala dan akan lancar dalam melakukan kegiatan. Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu dimasa yang akan datang.oleh karena rencana yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit moneter ,maka anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan.dalam anggaran ,satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang,sehingga dapat diukur pencapaian efesiensi dan efektivitas dari kegiatan yang di lakukan,kegunaan(sebagai alat pedoman kerja,sebagai alatpengkoordinasian,sebagai alat pengawasan kerja) Penganggaran merupakan komitmen manajemen yang terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan,biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang.kegunaan(Angka laba yang di kehendaki oleh perusahaan,Sumberdaya yang diharapkan dapat dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang akan datang,Anggaran juga menginformasikankepada manajemen konsekuensi serangkaian alternative tindakan,memberikan landasan untuk memutuskan alternative yang terbaik)

power point : https://drive.google.com/file/d/0B0xsbvR-RvSVS0licUtLTEJvbUU/view?usp=sharing 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar