Sabtu, 23 April 2016

ANGGARAN DALAM DIMENSI WAKTU DAN JADWAL PERENCANAAN

BAB 1
ISI


A.   ANGGARAN DALAM DIMENSI WAKTU

Pada dasarnya dimensi waktu dalam anggaran dapat dibagi menjadi tiga :
1.      Menyangkut masa lalu
2.      Menyangkut masa sekarang
3.      Menyangkut masa yang akan datang
Ketiga dimensi waktu ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Biasanya pada suatu waktu dalam perusahaan tidak hanya dilaksanakan satu macam kegiatan, melainkan beberapa kegiatan.  Masing-masing kegiatan tersebut mulai dan berakhirnya tidak bersamaan

Proyek (Kegiatan)
X-2
X-1
X
X+1
X+2
X+3
X+4
1982
1983
1984
1985
1986
1987
1988
I














II












III









IV








X=Tahun yang sedang berjalan

               Anggaran yang berjalan hanya menyangkut proyek I dan II, yang disebut proyek efektif, sedangkan proyek III dan IV disebut proyek tentatif atau proyek menurut rencana yang sudah dimiliki.
              
Dengan melihat periode waktu seperti contoh di atas maka anggaran dapat dikelompokkan  menjadi:
Ü  Jenis anggaran jangka pendek:
               Anggaran untuk tahun 1984 (tahun yang sedang berjalan) termasuk jenis anggaran jangka pendek. Sedang untuk tahun 1985 terdiri dari proyek I, II, dan III saja.
Ü  Jenis anggaran jangka panjang:
               Anggaran jangka panjang adalah meliputi keempat proyek tersebut secara keseluruhan (1984-1988)

Dengan melihat futuristic daripada anggaran , maka pada dasarnya dapat dikelompokkan sebagai project planning dan periodic planning
      Project planning menentukan jenis-jenis proyek selama periode anggaran yang bersangkutan. Periodic planning menentukan pentahapan dari pelaksanaan masing-masing proyek.

B.     JADWAL PERENCANAAN
               Seorang business manager tentu saja dapat menyusun rencana untuk kegiatan perusahaannya begitu saja. Berapa volume output yang akan dijual, berapa rupiah yang akan diterima dari penjualan. Berapa investor yang harus disisakan, berapa volume bahan mentah yang di gunakan, dan sebagainya.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijaksanaan Manajer Dalam Perencanaan, antara lain :
1)      Produk
2)      Pasar
3)      Kebijaksanaan Distribusi
4)      Rencana Produksi
5)      Rencana Penelitian dan Pengembangan
6)      Organisasi
7)      Finansial

1)      Produk
                     Kebijaksanaan manajemen dalam perencanaan, harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan barang atau jasa yang dihasilkan seperti :
Ø  Trend penjualan
Ø  Harga produk
Ø  Diversifikasi produk
Ø  Kualitas produk
Ø  Desain produk
Ø  Style produk
Ø  Identitas produk seperti : brand name, trade mark, bungkus, dan lain-lain

2)       Pasar
                     Faktor kedua yang perlu di perhatikan oleh seorang busuness manajer adalah pasar, dimana produk akan di jual. Berhasil suatu produk dipasarkan tergantung pada sifat produk itu sendiri, harga produk, dan kebijaksanaan dalam pemilihan metode penjualan dan distribusi.
Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :
Ø  Data tentang konsumen (siapa pembeli, lokasi, dan lain-lain)
Ø  Potensi pasar
Ø  Kebiasaan membeli dari konsumen
Ø  Sifat persaingan yang dihadapi

3)      Program Distribusi
                     Setelah memperhitungkan faktor produk dan pasar, business manager juga perlu memperhitungkan pasar tersebut  seperti :
Ø  Memilih dan melatih para salesman
Ø  Memilih saluran distribusi yang paling tepat dan metode penjualannya
Ø  Memilih media promosi dan advertensi
Ø  Menentukan kebijaksanaan harga dan lain-lain

4)      Program Produksi
                     Selain memperhitungkan faktor-faktor berhubungan dengan penjualan produk, seorang business manajer harus memperhitungkan faktor-faktor yang berhubungan dengan produksi seperti:
Ø  Bahan mentah dan bahan pembantu
Ø  Buruh
Ø  Lokasi  pabrik
Ø  Layout pabrik
Ø  Kapasitas pabrik
Ø  Proses produksi
Ø  dll

5)      Program Penelitian dan Pengembangan
                     Pertumbuhan kehidupan perusahaan tergantung pula pada usaha perusahaan tersebut untuk selalu mengadakan penelitian dan perkembangan prodik-produknya. Program penelitian dan pengembangan suatu perusahaan ikut mempengaruhi rencana yang disusun oleh business manager seperti :
Ø  Besarnya biaya yang diperlukan untuk program penelitian dan pengembangan
Ø  Ada tidaknya korelasi antara kegiatan penelitian dengan tingkat penjualan
Ø  Manfaat yang akan dipengaruhi dari program tersebut dan sebagainya

6)      Organisasi
                     Organisasi perusahaan juga mempunyai pengaruh terhadap perencanaan yang disusun oleh business manager. Organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu kelompok individu yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
                     Karena itu suatu rencana kadang-kadang tidak dapat di jalankan karena kesalahan stuktur organisasi perusahaan. Hal-hal yang berhubungan dengan organisasi yang perlu diperhatikan antara lain :
Ø  Organisasi chart ( struktur organisasi)
Ø  Penempatan individu-individu yang tepat pada masing-masing jabatan
Ø  Koordinasi antara masing-masing fungsi dalam organisasi


7)      Financial
                     Faktor ini dapat dikatakan sebagai faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap perencanaan yang disusun oleh business manager, seperti:
Ø  Sumber modal kerja
Ø  Return yang dikehendaki dari investasi
Ø  Tingkat perputaran yang dikehendaki



















REFERENSI


Buku “Anggaran Perusahaan”, Edisi 2,. Drs. Gunawan Adisaputro, M.B.A  &  Drs. Marwan Asri, M.B.A


power point https://drive.google.com/file/d/0B0xsbvR-RvSVTTNJWjhQajRqUlk/view?usp=sharing

1 komentar:

  1. Casino Games & Slot Machines - Mapyro
    Welcome to Mummy's Island! The only place 김제 출장마사지 to enjoy slots or 서귀포 출장안마 play 사천 출장안마 casino games. Get directions, reviews and 춘천 출장마사지 information for casinos in PA. 강릉 출장안마

    BalasHapus