BAB 1
ISI
A.
ANGGARAN DALAM DIMENSI WAKTU
Pada dasarnya dimensi waktu dalam
anggaran dapat dibagi menjadi tiga :
1.
Menyangkut masa lalu
2.
Menyangkut masa sekarang
3.
Menyangkut masa yang akan datang
Ketiga dimensi waktu ini saling
berhubungan dan saling mempengaruhi. Biasanya pada suatu waktu dalam perusahaan
tidak hanya dilaksanakan satu macam kegiatan, melainkan beberapa kegiatan. Masing-masing kegiatan tersebut mulai dan
berakhirnya tidak bersamaan
Proyek
(Kegiatan)
|
X-2
|
X-1
|
X
|
X+1
|
X+2
|
X+3
|
X+4
|
1982
|
1983
|
1984
|
1985
|
1986
|
1987
|
1988
|
|
I
|
|||||||
II
|
|||||||
III
|
|||||||
IV
|
|||||||
X=Tahun yang sedang berjalan
Anggaran yang berjalan hanya
menyangkut proyek I dan II, yang disebut proyek efektif, sedangkan proyek III
dan IV disebut proyek tentatif atau proyek menurut rencana yang sudah dimiliki.
Dengan
melihat periode waktu seperti contoh di atas maka anggaran dapat
dikelompokkan menjadi:
Ü Jenis anggaran jangka pendek:
Anggaran
untuk tahun 1984 (tahun yang sedang berjalan) termasuk jenis anggaran jangka
pendek. Sedang untuk tahun 1985 terdiri dari proyek I, II, dan III saja.
Ü Jenis anggaran jangka panjang:
Anggaran
jangka panjang adalah meliputi keempat proyek tersebut secara keseluruhan (1984-1988)
Dengan melihat futuristic daripada
anggaran , maka pada dasarnya dapat dikelompokkan sebagai project planning
dan periodic planning
Project
planning menentukan
jenis-jenis proyek selama periode anggaran yang bersangkutan. Periodic
planning menentukan
pentahapan dari pelaksanaan masing-masing proyek.
B.
JADWAL PERENCANAAN
Seorang
business manager tentu saja dapat menyusun rencana untuk kegiatan perusahaannya
begitu saja. Berapa volume output yang akan dijual, berapa rupiah yang akan
diterima dari penjualan. Berapa investor yang harus disisakan, berapa volume
bahan mentah yang di gunakan, dan sebagainya.
Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Kebijaksanaan Manajer Dalam Perencanaan, antara lain :
1) Produk
2) Pasar
3) Kebijaksanaan Distribusi
4) Rencana Produksi
5) Rencana Penelitian dan Pengembangan
6) Organisasi
7) Finansial
1)
Produk
Kebijaksanaan
manajemen dalam perencanaan, harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan
barang atau jasa yang dihasilkan seperti :
Ø Trend penjualan
Ø Harga produk
Ø Diversifikasi produk
Ø Kualitas produk
Ø Desain produk
Ø Style produk
Ø Identitas produk seperti : brand
name, trade mark, bungkus, dan lain-lain
2)
Pasar
Faktor
kedua yang perlu di perhatikan oleh seorang busuness manajer adalah pasar,
dimana produk akan di jual. Berhasil suatu produk dipasarkan tergantung pada
sifat produk itu sendiri, harga produk, dan kebijaksanaan dalam pemilihan
metode penjualan dan distribusi.
Hal-hal yang perlu diperhatikan
antara lain :
Ø Data tentang konsumen (siapa
pembeli, lokasi, dan lain-lain)
Ø Potensi pasar
Ø Kebiasaan membeli dari konsumen
Ø Sifat persaingan yang dihadapi
3)
Program Distribusi
Setelah
memperhitungkan faktor produk dan pasar, business manager juga perlu
memperhitungkan pasar tersebut seperti :
Ø Memilih dan melatih para salesman
Ø Memilih saluran distribusi yang
paling tepat dan metode penjualannya
Ø Memilih media promosi dan advertensi
Ø Menentukan kebijaksanaan harga dan
lain-lain
4)
Program Produksi
Selain
memperhitungkan faktor-faktor berhubungan dengan penjualan produk, seorang
business manajer harus memperhitungkan faktor-faktor yang berhubungan dengan
produksi seperti:
Ø Bahan mentah dan bahan pembantu
Ø Buruh
Ø Lokasi pabrik
Ø Layout pabrik
Ø Kapasitas pabrik
Ø Proses produksi
Ø dll
5)
Program Penelitian dan Pengembangan
Pertumbuhan
kehidupan perusahaan tergantung pula pada usaha perusahaan tersebut untuk
selalu mengadakan penelitian dan perkembangan prodik-produknya. Program
penelitian dan pengembangan suatu perusahaan ikut mempengaruhi rencana yang
disusun oleh business manager seperti :
Ø Besarnya biaya yang diperlukan untuk
program penelitian dan pengembangan
Ø Ada tidaknya korelasi antara
kegiatan penelitian dengan tingkat penjualan
Ø Manfaat yang akan dipengaruhi dari
program tersebut dan sebagainya
6)
Organisasi
Organisasi
perusahaan juga mempunyai pengaruh terhadap perencanaan yang disusun oleh
business manager. Organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu kelompok
individu yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
Karena
itu suatu rencana kadang-kadang tidak dapat di jalankan karena kesalahan
stuktur organisasi perusahaan. Hal-hal yang berhubungan dengan organisasi yang
perlu diperhatikan antara lain :
Ø Organisasi chart ( struktur
organisasi)
Ø Penempatan individu-individu yang
tepat pada masing-masing jabatan
Ø Koordinasi antara masing-masing
fungsi dalam organisasi
7)
Financial
Faktor
ini dapat dikatakan sebagai faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap
perencanaan yang disusun oleh business manager, seperti:
Ø Sumber modal kerja
Ø Return yang dikehendaki dari
investasi
Ø Tingkat perputaran yang dikehendaki
REFERENSI
Buku “Anggaran Perusahaan”, Edisi 2,. Drs. Gunawan Adisaputro, M.B.A &
Drs. Marwan Asri, M.B.A
power point https://drive.google.com/file/d/0B0xsbvR-RvSVTTNJWjhQajRqUlk/view?usp=sharing
power point https://drive.google.com/file/d/0B0xsbvR-RvSVTTNJWjhQajRqUlk/view?usp=sharing
Casino Games & Slot Machines - Mapyro
BalasHapusWelcome to Mummy's Island! The only place 김제 출장마사지 to enjoy slots or 서귀포 출장안마 play 사천 출장안마 casino games. Get directions, reviews and 춘천 출장마사지 information for casinos in PA. 강릉 출장안마